Pada setiap kendaraan bermotor pasti selalu dibekali dengan
komponen Transmisi, baik itu Transmisi manual ataupun yang sedang booming
sekarang yaitu Transmisi matic (otomatis). Fungsi utama dari komponen ini
adalah untuk mengatur percepatan sebuah kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh
putaran mesin.
Pengertian Transmisi Manual
Transmisi Manual merupakan sebuah sistem perpindahan
percepatan yang dilakukan secara bertahap menggunakan bantuan tuas Transmisi. Terdiri
dari gigi paling rendah 1 sampai yang paling tinggi 5-6. Dan untuk mobil ada juga yang dinamakan
gigi parkir atau atret berfungsi untuk membuat mobil berjalan mundur. Untuk melakukan perpindahan percepatan pada Transmisi manual kita
memerlukan bantuan kopling, dan tidak demikian jika dengan Transmisi Matic.
Komponen Transmisi manual terdiri dari berbagai macam gigi ada
gigi susun, syncromesh, serta gigi utama yang tersusun rapih di dalam gear box
(kotak gigi). Untuk mengurangi terjadinya gesekan antara gigi satu dengan yang
lainnya, Transmisi manual memerlukan pelumas khusus dengan standar SAE 90.
Beberapa Jenis Transmisi Manual
Dilihat dari sistem perpindahan gigi nya, Transmisi manual
terdiri dari 3 macam sistem dan berikut penjelasannya:
-Tipe Sliding Mesh.
-Tipe Constant mesh.
-Tipe Sincromesh.
Tipe Sliding Mesh
Transmisi jenis ini merupakan Transmisi dengan cara kerja
memindahkan gigi input dan output secara langsung. Jarang sekali mobil yang
menggunakan Transmisi jenis ini, karena memang memiliki banyak kekurangan dalam
cara kerjanya. Diantaranya adalah karena mengeluarkan suara yang kasar saat
perpindahan gigi, perpindahan gigi membutuhkan waktu yang cukup lama, hanya
dapat menggunakan salah satu dari roda gigi.
Tipe Constant Mesh
Transmisi tipe constant mesh merupakan sistem transmisi manual
yang cara kerjanya memerlukan bantuan dari kopling geser. Sebagai alat untuk
membantu perpindahan tenaga dari poros input ke poros output. Jadi antara roda
gigi input dan output selalu berhubungan atau berkaitan satu sama lain. Meskipun
demikian antara poros roda gigi output tidak dan poros out put dari transmisi
itu sendiri tidak sejajar. Disinilah peran dari kopling geser dibutuhkan
sehingga terjadi perpindahan gigi atau percepatan.
Tipe Sincromesh
Transmisi Tipe Sincromesh adalah transmisi yang banyak
digunakan pada mobil masa kini. Transmisi jenis ini sangat nyaman dalam
penggunaannya, tidak mengeluarkan suara yang kasar. Karena cara kerja dari
sistem Transmisi jenis ini adalah dengan cara menyamakan putaran antara gigi
input percepatan dengan gigi output.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar